banner2

Diajak Gerindra Dukung Prabowo, PAN Ingin Berada di Koalisi yang Bisa Menang Pilpres

Juli 8, 2023 | 0 Views
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (tengah kiri) bersama Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (tengah kanan) menggelar konferensi pers usai melakukan pertemuan tertutup di Kertanegara 4, Jakarta, Sabtu (8/4/2023). (merdeka.com/Imam Buhori)
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (tengah kiri) bersama Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (tengah kanan) menggelar konferensi pers usai melakukan pertemuan tertutup di Kertanegara 4, Jakarta, Sabtu (8/4/2023). (merdeka.com/Imam Buhori)

Liputan6.com, Jakarta Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPR RI Saleh Partaonan Daulay menyambut baik pernyataan anggota Dewan Pembina Partai Gerindra Andre Rosiade yang berharap PAN untuk mendukung kembali Prabowo Subianto sebagai calon presiden seperti saat pilpres 2014 dan 2019.

“Kalau misalnya Gerindra dan PAN ini kembali menyatu, tentu ya sangat baik sekali. Saya setuju dan sependapat dengan itu,” ujar Saleh kepada Liputan6.com, Jumat (7/7/2023).

Saleh mengatakan, partainya secara organisasi ataupun ikatan emosional, memang sangat dekat dengan Partai Gerindra. “Jadi secara emosional itu kan (PAN) berhubungan baik dengan Gerindra secara organisasi dan juga secara emosional,” kata Saleh.

Sebab, PAN dan Gerindra sudah menjalin kerja sama selama dua periode sebelumnya yaitu 2014 dan 2019. Saat itu PAN mendukung Prabowo sebagai capres.

“Kita sangat baik dengan para pengurusnya. Memang karena faktanya seperti yang disampaikan, kami sudah beberapa kali menjalin, terutama dua pemilu sebelumnya,” kata Saleh.

Namun di sisi lain, saat ini PAN perlu adanya perhitungan matang dengan kalkulasi yang dilakukan secara berulang.

Karena menurut Saleh, di pemilu 2024 mendatang PAN harus bisa menang dengan berada di koalisi yang tepat. PAN, kata Saleh, tidak ingin kalah hattrick dalam pilpres.

“Bagaimana agar pada pemilu yang akan datang PAN bisa berada pada koalisi yang benar dalam konteks bisa memenangkan pertarungan pada pemilu 2024,” kata Saleh.

Gerindra Berharap PAN Kembali Dukung Prabowo seperti Pilpres 2014 dan 2019

Sebelumnya, anggota Dewan Pembina Partai Gerindra, Andre Rosiade, berharap Partai Amanat Nasional (PAN) kembali mendukung Prabowo Subianto seperti pada saat pilpres 2014 dan 2019. Andre ingin agar PAN bersama dengan Gerindra menuntaskan misi membawa Prabowo menjadi presiden di 2024.

“Begini, PAN itu sudah dua kali ya bersama-sama Pak Prabowo di 2014, 2019. Mudah-mudahan, harapan kami tentu PAN menuntaskan misinya dengan bersama-sama kami mengantarkan Pak Prabowo di pemilu 2024 nanti jadi presiden,” kata Andre merespons peluang PAN bergabung ke KKIR, di Kompleks Parlemen, Senayan, Kamis (6/7/2023).

Ia mengulang rekam jejak sebelumnya di mana PAN bersama Gerindra belum mampu menuntaskan misi menjadikan Prabowo Subianto sebagai presiden. Meski demikian, Andre optimistis, di 2024 kemenangan akan tercapai.

“Karena di 2014 dan 2019 kan misinya belum berhasil. Insyaallah di 2024 misinya kita tuntaskan sama-sama. Harapan kita, tentu harapan kita ya, PAN bisa bergabung dengan kami. Harapannya seperti itu,” ujar Andre.

“Tapi sekali lagi tentu tergantung dengan PAN sendiri. Tapi harapannya, kita berharap PAN bersama kami,” sambungnya.

RELATED POST