banner2

Manuver Cak Imin Bertemu Megawati, Upaya Desak Prabowo soal Posisi Cawapres?

Juli 8, 2023 | 0 Views
Cak Imin menjabat tangan Megawati. Suasana keakraban nampak terjalin dalam deklarasi koalisi mendukung Joko Widodo sebagai calon presiden, Lenteng Agung, Jakarta, Rabu (14/05/2014) (Liputan6.com/Johan Tallo)
Cak Imin menjabat tangan Megawati. Suasana keakraban nampak terjalin dalam deklarasi koalisi mendukung Joko Widodo sebagai calon presiden, Lenteng Agung, Jakarta, Rabu (14/05/2014) (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta – Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin akan bertemu dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Pertemuan keduanya, tengah diagendakan dalam waktu dekat.

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PKB Syaiful Huda mengatakan, partainya dengan PDIP sudah berteman sejak lama. Sehingga tidak akan sulit komunikasi yang akan dibangun dengan PDIP, meski saat ini PKB telah berkoalisi dengan Partai Gerindra.

“Teman lama. Kalau PKB enggak komunikasi sama PDIP malah aneh. Sebagai teman lama. Jadi teman ya biasa aja,” kata Syaiful Huda, kepada wartawan, di Kompleks Parlemen, Jumat (7/7).

Lebih lanjut, Syaiful Huda menepis jika pertemuan Cak Imin dengan Megawati sebagai upaya PKB bermanuver agar bekoalisi dengan PDIP.

Sebab, dia menegaskan, hingga kini Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKRI) yang dibangun PKB bersama Gerindra tetap solid.

“Kita udah sama Gerindra. Tapi tidak menutup komunikasi politik,” tegasnya.

Terkait pertemuan dengan Megawati, pihaknya juga sudah menyampaikan kepada Gerindra. Syaiful Huda mengatakan, Gerindra tidak ada masalah dengan rencana pertemuan tersebut.

“Enggak masalah sih setahu saya, mungkin bisa tanya langsung ke teman-teman Gerindra. Mungkin ada apa, responnya,” ujar Huda.

Dia juga mengungkap rencana pertemuan antara Cak Imin dengan Megawati merupakan lanjutan dari pertemuan Ketua Fraksi PDIP DPR Utut Adianto dengan Ketua Fraksi PKB DPR Cucun Ahmad Syamsurijal. PKB menitipkan pesan kepada Megawati.

Huda mengatakan, saat ini PDIP telah mengagendakan pertemuan Megawati dengan Cak Imin. Dia berharap, pertemuan tersebut dalam waktu dekat dapat terlaksana.

“PDIP sedang me-arrange agenda pertemuan itu. Kita tunggu teman-teman PDIP,” imbuh dia.

Manuver

Sementara, Pengamat Politik Ujang Komarudin menilai, jika pertemuan Cak Imin dengan Megawati merupakan salah satu upaya untuk mendesak agar Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto segera memberikan kejelasan terkait cawapres.

“Mungkin saja. Mungkin Cak Imin sekarang bargaining ya ingin terjadi posisi yang kuat, yang baik, yang bagus. Maka dia manuver ke PDIP ketemu Megawati ini menjadi penting,” kata Ujang.

“Yang jelas ini bagian langkah strategis dan taktis manuver Cak Imin untuk mencari bargaining agar dia dicawapreskan oleh Prabowo. Karena sampai saat ini tak kunjung ada kejelasan Cak Imin jadi cawapres Prabowo,” imbuh dia.

Sumber: Alma Fikhasari/Merdeka.com

RELATED POST